Penyebab Penyakit Campak

Penyebab Penyakit Campak – Penyakit Campak atau disebut juga Rubeola, Campulak 9 hari, measles dan dibeberapa daerah disebut sebagai tampulek, dabaken atau morbili adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Campak sangat menular dan gejalanya ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyebab penyakit ini adalah karena infeksi virus campulak golongan Paramixovirus.

Penyakit Campak Atau Tampek

Penyebab Penyakit Campak

Campak adalah penyebab penyakit campak sangat menular dengan gejala prodromal seperti demam, batuk, coryza/pilek, konjungtivitis dan bintik-bintik kecil dengan bagian tengah berwarna putih atau putih kebiru-biruan dengan dasar kemerahan di daerah mukosa pipi (bercak koplik). Tanda khas bercak kemerahan dikulit timbul pada hari ketiga sampai ketujuh, dimulai di daerah muka, kemudian menyeluruh, berlangsung selama 4-7 hari, dan kadang-kadang berakhir dengan pengelupasan kulit berwarna kecoklatan.

Penyakit ini menular melalui udara ataupun kontak langsung dengan penderita, seperti melalui percikan ludah penderita campulak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum timbulnya ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada. Jika seseorang pernah menderita campulak, maka biasanya dia akan kebal terhadap penyebab penyakit campak.

Gejala Penyakit Campak

Gejala campak akan mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, dengan gejala-gejala seperti :

  1. Panas badan
  2. Nyeri tenggorokan
  3. Hidung meler 
  4. Batuk 
  5. Bercak Koplik
  6. Nyeri otot
  7. Mata merah

Kemudian 2-4 hari muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik). Ruam atau kemerahan di kulit yang terasa agak gatal, ini muncul 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan kaki, sedangkan ruam di wajah mulai memudar.

Penyebab penyakit campak, penderita akan merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Gejala lain seperti demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.

Penyebab Penyakit Campak

Penyebab Campak ini adalah sejenis virus yang disebut dan masuk dalam golongan Paramyxovirus. Dalam genus Morbillivirus. Cara penularan campak adalah infeksi droplet udara (air borne disease) menempel dan berbiak. Infeksi mulai saat orang yang rentan menghirup percikan mengandung virus dari secret nasofaring pasien campak. Droplet udara maksudnya adalah melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak.

Cara Mengobati Campak

  1. Baking soda dan oatmeal

Cara mengobati campak secara alami berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan baking soda. Cara penggunaanya adalah dengan menerapkan campuran baking soda dengan air untuk dijadikan media mandi. Oatmeal juga dapat dijadikan cara yang efektif untuk mengurangi dan mengobati campak. Anda dapat mencampurkan air mandi dengan satu atau dua cangkir oatmeal. Nantinya oatmeal berguna untuk membantu Anda menghilangkan rasa gatal gatal akibat campak.

  1. Biji Terong

Biji terong dapat Anda jadikan cara mengobati campak secara alami. Obat alami ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit campak. Anda dapat mengkonsumsi biji terong ini setiap hari selama tiga hingga lima hari.

  1. Jus Jeruk

Selain lemon, ternyata jeruk segar yang dibuat jus dan dikonsumsi sebanyak dua kali sehari juga dapat dijadikan cara yang ampuh untuk mengobati campak. Anda dapat mengkonsumsi jus jeruk sekitar dua hingga tiga kali setiap harinya. Selain untuk mengobati campak, jeruk juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pencegahan Penyakit Campak

Cara terbaik mencegah terkena campak adalah dengan menerima imunisasi sejak kecil. Terdapat dua pilihan untuk vaksinasi campak. Vaksin khusus campak saja diberikan pada umur 9 bulan, 2 tahun dan 6 tahun. Ini adalah jenis vaksin campak yang masuk dalam imunisasi wajib berdasarkan saran pemerintah. Sedangkan vaksinasi campak yang tergabung dalam vaksin MMR, diberikan pada umur 15 bulan dan sekali lagi di antara umur 5-6 tahun.Vaksinasi MMR adalah vaksin gabungan untuk campak, gondongan, dan campak Jerman.

Seorang bayi yang baru lahir akan memiliki antibodi terhadap campak jika sang ibu pernah menderita campak atau telah menerima vaksinasi campak sebelum hamil. Antibodi ini akan memberi perlindungan untuk beberapa bulan pertama. Maka vaksin khusus campak atau MMR diberikan saat bayi berusia di atas setengah tahun.

Kedua jenis vaksinasi campak tidak direkomendasikan untuk wanita dalam keadaan hamil yang belum terlindungi dari campak. Tapi bagi wanita yang ingin hamil dan belum pernah terkena campak, dia bisa diberi vaksinasi campak. Temui dokter untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang campak dan dampaknya pada wanita hamil.

Campak sangat mudah menular. Jika Anda menderita campak, hindari pusat keramaian setidaknya empat hari setelah kemunculan ruam campak pertama kalinya. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi penyebaran infeksi kepada orang lain. Hindari kontak langsung dengan orang-orang yang rentan terhadap infeksi virus ini seperti balita, anak kecil, dan wanita hamil.

Penyebab Penyakit Campak

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

 Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Campak dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0635-7728, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Campak dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Campak and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.